Rumus Halaman Juz al-Quran

Hai semua...
saya hanya ingin memberi sedikit pengetahuan dari sebuah pengalaman...

Bagi kita yg terbiasa membaca Al-Quran atau mengulang (muraja'ah) hapalan dengan menggunakan mushaf al-Quran cetakan versi Timur Tengah, maka akan kita temukan bahwa juz 2 ada di halaman 22, juz 3 di hlm 42, ..., juz 30 di hlm 582. Kalau kita perhatikan, setiap halaman selalu diakhiri angka 2, dari sini kita dapat membuat suatu rumus untuk mengetahui letak halaman setiap juz dalam mushaf:
nomor juz dikali 2 dikurang 2 kemudian hasilnya diikuti angka 2

Misalnya kita ingin buka juz 15 pada mushaf:

15 x 2 - 2 = 28 diikuti angka 2 = 282

Dari rumus diatas dapat diketahui bahwa juz 15 ada di halaman 282 pada mushaf.

kalau ragu coba lagi...

Juz 30:
30 x 2 - 2 = 58 diikuti angka 2 = 582

Rumus ini mempermudah kita yang ingin muraja'ah hapalan Al-Quran. Misalnya kita mau muraja'ah juz 2, maka tinggal memakai rumus di atas untuk menentukan letak halamannya. Jadi ga perlu pusing2 nyari halaman juz 2 dan seterusnya.



Tapi ingat.... rumus ini hanya berlaku untuk mushaf al-Quran cetakan versi Timur Tengah, tidak berlaku untuk cetakan versi Indonesia. Tetapi ada sebagian cetakan mushaf terjemah Al-Quran versi Indonesia yang halamannya sama dengan versi Timur Tengah, seperti mushaf terjemah terbitan Syaamil dan Diponegoro. Saya baru mengecek mushaf dari 2 penerbit tersebut, yang lain belum saya lihat.

Semoga info ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 JH